Menakjubkan, Keunggulan Semut Dalam Membuat Jembatan

jembatan+semut

Oleh: Abduldaem Al-Kaheel

Ya! Semut membangun jembatan persis seperti manusia. Bahkan boleh lebih unggul dari manusia!

Dalam penelitian terbarunya para ilmuwan mengatakan bahwa semut harus mengorbankan sebagian kecil semut untuk membangun sebuah jembatan, namun memberikan yang sangat besar dalam kenyamanan lalu lintas yang diperlukan untuk ribuan semut.

Sistem sosial ini dilakukan secara sukarela dan senang hati, bahkan setiap semut antusias untuk melakukan percobaan apakah besarnya sesuai untuk membangun jembatan ini dilingkungannya!

Subhanallah! Solidaritas dan saling mengasihi terdapat di dunia semut, bagaimana dengan kita sebagai manusia?!

Nabi saw telah memberikan gambaran kepada kita bahwa orang-orang beriman seperti bangunan yang sangat kokoh dalam hal kerjasama dan pengorbanan, jika semut bekerja sama dan melakukan pengorbanan untuk satu mata pencaharian saja, bukankah kita lebih layak dalam bekerja sama dan memberikan pengorbanan karena Allah SWT?!

Di sini kita selalu ingat pernyataan Allah yang menegaskan bahwa semut dan makhluk hidup lainnya adalah sekelompok umat seperti kita. Allah berfirman:

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا طَائِرٍ يَطِيرُ بِجَنَاحَيْهِ إِلَّا أُمَمٌ أَمْثَالُكُمْ مَا فَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِنْ شَيْءٍ ثُمَّ إِلَى رَبِّهِمْ يُحْشَرُونَ

“Dan Tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan”. [QS. Al-An’am: 38]

[Sumber]

About me, myself n i

ingin orang lain mengetahui apa yang perlu diketahui..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s