Hidup Akan Tambah Susah Jika Tanpa Ini

menakjubkan-kehidupan-mukminSetiap manusia pasti menghadapi berbagai masalah dalam kehidupannya. Masalah satu selesai, pasti suatu saat akan menyusul masalah-masalah lain yang akan kita hadapi. Dan tak ada manusia yang hidup di muka bumi ini tanpa punya masalah. Itulah sebuah keniscayaan yang menimpa setiap anak Adam.

Bentuk permasalahan atau sebut saja ujian yang dihadapi manusia berbeda-beda sesuai dengan kadar keimanannya. Dan kita sangat membutuhkan kesabaran untuk menghadapi ujian-ujian itu. Jika tidak, kehidupan akan menjadi lebih susah bahkan ujian yang kecil saja bisa kita rasakan terlalu berat jika menghadapinya tanpa diiringi dengan kesabaran. Dan orang yang tidak pernah sungguh sungguh melatih kesabaran dalam kehidupan ini, maka dia akan menderita. Karena kesabaran membuat daya tahan yang luar biasa dan benar-benar memperindah pribadi seseorang.

Alangkah indahnya hidup ini manakala kita mampu mengambil ibrah dari setiap masalah yang kita hadapi. Orang-orang penyabar akan mudah mengambil ibrah dari setiap ujian yang dihadapi, sementara orang-orang yang tak punya bekal sabar yang cukup, akan mudah berprasangka buruk pada Allah SWT atas apa yang menimpa dirinya.

Sungguh indah untaian hadits yang disampaikan Rasulullah Saw mengomentari tentang kehidupan orang-orang mukmin. Beliau bersabda;

“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya baik baginya dan kebaikan itu tidak dimiliki kecuali oleh seorang mukmin. Apabila ia mendapat kesenangan ia bersyukur dan itulah  yang terbaik untuknya. Dan apabila mendapat musibah ia bersabar dan itulah yang terbaik untuknya.” [Shahih Muslim no. 7500 hal. 1295]

sabar dan ikhlas

Hanya orang-orang mukmin yang bisa menyikapi kehidupan ini dengan apik dan luwes. Sama sekali tak terpengaruh dengan silih bergantinya antara ujian dan kenikmatan. Semuanya baik baginya. Karena itu marilah kita menata diri dan menjalin komunikasi yang mesra antara kita dengan Rabb kita Allah SWT agar kita benar-benar menjadi mukmin haqqon, mukmin yang sesungguhnya. Sehingga jalan hidup kita menjadi lebih mudah jalani meski perjalanan tak selalu mulus.

Saudaraku…. SABAR adalah ilmu tingkat tinggi, belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya selalu mendadak, sekolahnya seumur hidup dan ijazahnya adalah KEBAHAGIAAN (Meminjam kata-kata milik Aa Gym).

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. [QS. 2:153]

Mudah mudahan kita digolongkan menjadi orang-orang yang memiliki kualitas sabar. Hati yang pasrah 100% kepada Allah SWT, tapi dengan akal dan tubuh yang selalu gigih menyempurnakan ikhtiar di jalan Allah SWT, itulah sabar. Jika seseorang “lahirnya” taat kepada Allah SWT dan hatinya tawakal sepenuhnya kepada Allah SWT. Itulah kesabaran.

Sabar bukan berarti pasrah, pasif, sabar adalah kegigihan kita untuk terus ada di jalan yang disukai Allah SWT. Wallahu’alam bishowwab.

[Sumber]

Iklan

About me, myself n i

ingin orang lain mengetahui apa yang perlu diketahui..

One thought on “Hidup Akan Tambah Susah Jika Tanpa Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s